LAPORAN PRAKTEK DINAS KOMINFO


LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
PADA

KANTOR KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA


Di ajukan untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti
Ujian Sidang Prakerin


  



                                                                        Oleh :

Nama             :  Jorge Sambonu
Kelas              :  XI TKJ - 2



                                                                                
KOMPETENSI  KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK NEGERI 7 AMBON
AMBON
2018

HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI


Oleh:

Nama                    : Jorge Sambonu
Kelas                     :  XI (Sebelas)
Program Keahlian : Teknik Komputer dan     Jaringan(TKJ)

Disahkan dan di setujui oleh:
Pembimbing INDUSTRI
Kepala Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan






Irawaty Said S.Pd







J. Lewerissa


Mengetahui


Kepala Sekolah








Drs. Saiful, MM.Pd.






  KATA PENGANTAR

              Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia – Nya laporan prakerin di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku dapat di selesaikan dengan baik, yang di mana tugas ini di ajukan untuk memenuhi salah satu syarat kenaikan kelas.
            Dalam penyusunan laporan ini, banyak pihak yang secara langsung ataupun tidak langsung memberikan bantuannya, oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada yang terhormat :
1)             Bapak. Roy Halattu, SE.M.SI selaku pimpinan Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku;
2)             Bapak. Hasan Malawat, SH sebagai Kepala Bidang Telematika;
3)             Ibu. Nailah, S.Kom selaku kepala seksi desiminasi;
4)   Bapak. Sterland Pesulima, S.Kom pembimbing yang telah membantu, mendorong dan memberikan dukungan penuh dalam pembuatan laporan ini di tengah-tengah kesibukannya;
5)             Kepada semua karyawan Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku yang telah memberikan bimbingan;
6)             Bapak. Florianus Nong, S.Kom selaku Kepala Sekolah SMKS Jaya Negara Ambon yang telah memberikan izin penulis untuk prakerin di DU/DI;
7)             Bapak. Robertho Wakanno, S.Pi selaku ketua program, dan memberikan motivasi kepada penulis dalam melaksanakan prakerin;
8)             Bapak Andry Marcelinus Fun, selaku Ketua PRAKERIN,
9)             Ibu. Irawaty Said, S.Pd pembimbing yang telah membantu, mendorong dan memberikan dukungan penuh dalam pembuatan laporan ini di tengah-tengah kesibukannya;
10)         Seluruh tenaga pendidik dan kependidikan SMKS Jaya Negara Ambon
11)         Keluarga tercinta (Ayah, Ibu, Kakak) yang telah memberikan dorongan, semangat, dan motivasi kepada penulis agar bersemangat dalam pembelajaran,  proses prakerin dan membuat laporan ini
12)         Sahabat – sahabat tercinta dan semua teman - teman yang telah banyak membantu penulis dan memberikan dorongan untuk segera menyelesaikan laporan ini

Penulis menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna, baik di lihat dari isi, bahasa, juga penulisannya. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk mencapai kesempurnaan laporan ini demi lebih baik nyakarya - karya penulis di masa mendatang,
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis  khususnya dan para pembaca pada umumnya.
Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Amin.

                                                                                    Ambon,17 Maret 2017



                                                                                                               Penulis








DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ........................................................................................     i
LEMBAR PENGESAHAN...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................    iv
DAFTAR ISI .....................................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR ........................................................................................    vii
BAB 1 PENDAHULUAN ................................................................................     1
1.1     Latar Belakang PRAKERIN ..........................................................     2
1.2     Tujuan PRAKERIN ........................................................................     2
1.3     Waktu dan Tempat PRAKERIN ....................................................
BAB II INFORMASI DU/DI............................................................................     3
2.1  Sejarah KOMINFO.........................................................................     3
2.2  Visi dan Misi....................................................................................     4
2.3  Struktur Lembaga............................................................................     5
2.4  Tugas Dan Fungsi............................................................................     6
2.5  Bidang Pekerjaan Industri...............................................................     7
BAB III PEMBAHASAN.................................................................................     8
3.1     Pelaksanaan Kegiatan PRAKERIN.................................................     9
3.2     Hambatan-Hambatan Dalam Kegiatan PRAKERIN Yang Dilaksanakan                      9
3.3     Pembinaan Oleh Pihak PRAKERIN Kepada Siswa Prakerin ........     9
3.4     Materi Yang Didapat Selama PRAKERIN ....................................    10
3.4.1   Pengertian XAMPP................................................................    10
3.4.2   Fungsi XAMPP......................................................................    10
3.4.3   Cara Menginstal XAMPP.......................................................    10
3.4.4   Cara SECURITY....................................................................    14
BAB IV PENUTUP
4.1  Kesimpulan .....................................................................................    17
4.2  Saran ...............................................................................................    17
Daftar Pustaka
Lampiran
















DAFTAR GAMBAR

Gambar  2.1     Struktur Organisasi......................................................................     5
Gambar  3.1     Installer Language.......................................................................    11
Gambar  3.2     Setup XAMPP............................................................................    11
Gambar  3.3     Perihal Listensi............................................................................    12
Gambar  3.4     Pilih Lokasi Install ......................................................................    12
Gambar  3.5     Instal ...........................................................................................    12
Gambar  3.6     Setup XAMPP............................................................................    13
Gambar  3.7     XAMPP Control ........................................................................    13
Gambar  3.8     Setup XAMPP............................................................................    14
Gambar  3.9     Jendela XAMPP..........................................................................    14
Gambar  3.10   Jendela XAMPP..........................................................................    15
Gambar  3.11   Jendela Security..........................................................................    15
Gambar  3.12   Jendela Password Changing .......................................................    15
Gambar  3.13   Jendela Password .......................................................................    16









BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
Praktek Kerja Industri atau PRAKERIN merupakan suatu kegiatan kerja yang dilakukan di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.
Adapun sejak melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda selama 3 (tiga) bulan mulai tanggal 16 Januari s/d 31 Maret 2017 di Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Maluku sangat membantu Peserta Didik dalam menambah pengetahuan ketenagakerjaan dan wawasan dunia kerja dalam kegiatan PRAKERIN. Banyak tujuan lain melaksanakan kegiatan PRAKERIN ini antara lain, seperti:
1.            Membentuk mental Peserta Didik agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
2.            Menambah pengetahuan Peserta Didik di masing - masing bidangnya.
3.            Memberikan suatu motivasi dalam diri Peserta Didik agar menunjukan dirinya  mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
4.            Memberikan bekal serta gambaran pada Peserta Didik seperti apakah bekerja itu.
5.            Memberikan suatu wawasan tambahan pada Peserta Didik tentang sesuatu belum  di dapatkan  di sekolah.
Selain itu membentuk mental dan motivasi Peserta Didik SMK sebagai tenaga kerja yang siap kerja serta mampu mandiri serta berjiwa pekerja keras, jujur,  bertanggung jawab serta ulet dalam bekerja.




1.2         Tujuan PRAKERIN
Secara umum tujuan dari PRAKERIN adalah agar Peserta Didik dapat menerapkan, membandingkan antara pengetahuan teori maupun praktik yang di dapat selama di sekolah dengan pekerjaan sebenarnya yang ada di lingkungan DU/DI. Selain itu, dari kegiatan PRAKERIN dapat membekali Peserta Didik untuk lebih meningkatkan pengalaman dan pengetahuan ketrampilannya secara profesional sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan teknologi yang berkembang di masyarakat.
Kegiatan PRAKERIN dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan, melatih ketrampilan yang di miliki Peserta Didik sehingga akan berkerja dengan baik, dapat melahirkan sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

1.3         Waktu dan Tempat PRAKERIN
Waktu Pelaksanaan PRAKERIN
16 Januari s/d 31 Maret 2017
Tempat Pelaksanaan PRAKERIN
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI MALUKU











BAB II
INFORMASI DU/DI

2.1         Sejarah KOMINFO
Nama Industri : KANTOR DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI MALUKU. Organisasi ini diawali dengan peranan departemen penerangan dalam pelayanan informasi kepada masyarakat sejak zaman Hindia Belanda. Kegiatan ini nyata sejak lahirnya pergerakan Nasional dalam yang diawali dengan berdirinya Boedi Uetomo pada tanggal 2 Mei 1908 yang dapat di pandang sebagai titik tolak lahirnya kebangkitan Nasional. Selanjutnya dengan hadirnya penduduk Jepang setelah berakhirnya pemberontakan dari Hindia Belanda. Penerangan yang termaksud persada di bawah pengawasan pemerintah Jepang dan di pergunakan sebagai alat propaganda perang Jepang melawan Sekutu.
Peralihan demi peralihan terus terjadi, proses transmisi dan pembubaran departemen penerangan yaitu pada saat mantan presiden Soeharto di gantikan oleh presiden B.J. Habibi dan menjadi Kementrian Negara Informasi Komunikasi sejalan dengan penerapan UU No. 22 Tahun 1999.
Sebagai implementasi dari UU No.32 Tahun 2004  dan Peraturan Daerah (Perda) No.03 Tahun 2007, tentang pembentukan informasi dan komunikasi sejalan dengan kata kerja dinas – Dinas Daerah Provinsi Maluku, maka tugas wewenang dan tanggung jawab di KOMINFO mengalami perubahan dan isentralistik baik dari tataran Pemerintah Pusat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

2.2         Visi dan Misi
Visi
Terwujudnya masyarakat yang sadar informasi dan berpatisipasi dalam pembangunan daerah.

Misi
Untuk terwujudnya visi teersebut di lakukan melalui :
1.             Membimbing pendapat umum yang mencerminkan keseimbangan dan kesetaraan antara kepentingan pemerintah dan kepentingan masyarakat.
2.             Membangun kembali kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.
3.             Mengsosialisasikan kebijakan pemerintah daerah dan menyerap serta menyalurkan ispirasi yang berkembang dalam masyarakat sebagai bahan penentu.
4.             Melaksanakan bemberdayaan informasi dan komunikasi melalui pendekatan mulitimedia/media baru.
5.             Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan optimilisasi sarana dan prasarana informasi dan komunikasi.
6.             Mendorong peran media masa dalam menciptakan masyarakat informasi yang demokrasi, menjunjung tinggi HAM, etika dan moral serta menjamin terpenuhi rasa keadilan,  rasa kemauan dan termasuk hukum.














2.3         Struktur Lembaga

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
SEKERTARIAT DINAS
SUB BAGIANUMUM  DANKEPEGAWAIAN
SUBBAGIAN PERENCANAAN DAN PELAPORAN
SUBBAGIAN KEUANGAN DAN ASET
BIDANG LAYANAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
BIDANG KEAMANAN INFORMASI DAN PERSANDIAAN
SEKSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN LAYANAN PUBLIK
Penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi
Layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan provinsi
Pengembangan sumber daya TIK masyarakat
SEKSI KEAMANAN INFORMASI
Layanan keamanan informasi e-goverment
Pengelolaan security operating center (SOC) dalam rangka pengaman informasi dan komunikasi
SEKSI TATA KELOLA PERSANDIAN
Pengelolaan informasi berklasifikasi melalui pengklasifikasiaan informasi milik pemerintahan daerah
Pengelolaan sumber daya persandiaan yang meliputi sumber daya manusia sandi, perankat lunak persandiaan, dan jaringan komunikasi

SEKSI MEDIA PUBLIK DAN LAYANAN SISTEM KOMUNIKASI & INFORMASI


Pelayanan komuniksi dan informasi publik
Layanan kehumasan

BIDANGAPLIKASI INFORMATIKA
BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI DAN PUBLIK
PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK, INFORMASI PUBLIK DAN STATISTIK
PENGELOLAAN INFORMASI, OPINI DAN ASPIRAsSI PUBLIK
PENGELOLAAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK
PENGELOLAAN DATA STATISTIK SEKTORAL

SEKSI INFRASTUKTUR & TEKNOLOGI E-GOVERMENT

LAYANAN INFRAKSTRUKTUR DASAR DATA DAN CENTER, DISASTER RECOVERY CENTER & TIK PEMERINTAH PROVINSI
LAYANAN AKSES INTERNET  DAN INTRANET

SEKSI PENGEMBANGAN APLIKASI DAN TATA KELOLA E-GOVERMENT
Layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik & suplemen yang terintegrasi
Penyelenggaraan goverment chief information officer (GCIO) Pemerintah
Pengembangan Sumber Daya TIK pemerintah Provinsi
SEKSI KEMITRAAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK
PENYEDIAAN KONTEN LINTAS SEKTORAL DAN PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK

UPTD
Gambar 2.1 Stuktur Organisasi

2.4         Tugas dan Fungsi
Dalam peraturan Gubernur ini yang di maksud dengan:
1.         Pemerintah Daerah adalah Gubernur dan perangkat daerah Provinsi Maluku sebagai unsur  penyelengara pemerintahan daerah .
2.         Gubernur  adalah Gubernur  Provinsi  Maluku.
3.         Daerah adalah Daerah Provinsi Maluku.
4.         Sekretaris adalah Sekretaris Daerah Provinsi Maluku.
5.         Perangkat Daerah adalah Perangkat Daerah Provinsi Maluku.
6.         Dinas adalah Dinas Informasi dan Komunikasi  Provinsi  Maluku.
7.         Kepala Dinas adalah Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi Maluku.
8.         Sekretaris Dinas adalah Sekretaris Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi  Maluku
9.         Uraian tugas adalah suatu paparan atau bantangan atas semua tugas dan jabatan yang merupakan tugas pokok yang di lakukan oleh pemegang jabatan dalam memproses bahan kerja menjadi hasil kerja dalam kondisi tertentu.
10.     Jabatan struktural adalah suatu kedudukan yang menunjukan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam rangka memimpin suatu satuan organisasi Negaera
11.     Jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang pegawai Negeri sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya di dasarkan pada keahlian dan / atau ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri





BIDANG  APLIKASI DAN INFORMATIKA
Bidang Telematika mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian telematika serta aplikasi telematika. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Telematika mempunyai fungsi :
a.         perumusan rencana kerja di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian telematika serta aplikasi telematika
b.        perumusan kebijakan teknis penyelenggaraan di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian telematika serta aplikasi telematika
c.         pelaksanaan koordinasi, fasilitasi dan pembinaan tugas di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian telematika serta aplikasi telematika
d.        pelaksanaan pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan tugas di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian telematika serta aplikasi telematika
e.         pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya

2.5         Bidang Pekerjaan Industri
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI MALUKU merupakan dinas dengan fungsi  utama sebagai wadah serta sarana prasarana dalam bidang informasi dan komunikasi guna dan prasarana yang di maksud merupakan sub - sub bidang atau seksi yang ada pada bidang APTIKA
Kondisi Fisik
1.             Ruang Industri
A.      Ruang server
B.       Ruang rapat
C.       Ruang pelayanan
D.      M-CAP

2.             Perlengkapan Alat Industri
A.      Komputer
B.       AC
C.       Alat tulis
D.      Perlengkapan kantor (listrik)
E.       Ruang aula

3.                                Ketersediaan Fasilitas Lain
A.      Media center
B.       Sandi
C.       Ratelda
D.      V-con
E.       Touchscreen
F.        E - ws


















BAB III
PEMBAHASAN

3.1        Pelaksanaan Kegiatan PRAKERIN
Selama PRAKERIN di Kantor Dinas KOMINFO ini, banyak kegiatan yang dilakukan, salah satunya harus mengikuti kegiatan apel pagi setiap hari Senin dan hari Jumat. Apel pagi dilaksanakan pada pukul 08:00 WIT sampai dengan selesai. Jam kerja yang ditetapkan di instansi ini mengharuskan memulai jam kerja pukul 08:00 WIT setelah pukul 13:00 WIT diperbolehkan untuk pulang.
Ada juga kegiatan yang  lain  misalnya seperti kerja bakti, senam pagi, dan kegiatan ibadah dan dakwah yang di laksanakan setiap hari Jumat .

3.2         Hambatan-hambatan dalam Kegiatan  PRAKERIN yang Dilaksanakan
Ada beberapa hambatan - hambatan yang ditemukan penulis selama mengikuti kegiatan prakerin, hambatan ini ada dari diri sendiri. Hambatan-hambatan tersebut diantaranya :
1.             Adaptasi dengan lingkungan kerja
2.             Mengerjakan pekerjaan yang tidak dipelajari di sekolah

3.3        Pembinaan oleh Pihak PRAKERIN Kepada Peserta Didik PRAKERIN
Pembinaan yang diberikan kepada peserta didik  sebelum mengikuti kegiatan PRAKERIN diantaranya :
1.             Dikenalkan kepada pegawai di tempat dan lingkungan PRAKERIN Pengenalan lingkungan kerja industri
2.             Dijelaskan aturan-aturan bekerja yaitu harus disiplin, hati-hati dalam bekerja, diusahakan cepat dan bertanggung jawab
3.             Diperhatikan dalam bekerja karena dengan tujuan untuk menilai perkembangan kerja
4.             Diberi pengarahan harus sabar dan dan rajin dalam bekerja


3.4         Materi Yang Didapat Selama Prakerin
Materi yang saya dapat selama PRAKERIN di tempat DU/DI salah satunya adalah : APLIKASI XAMMP
3.4.1             Pengertian Xampp
XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi dan merupakan gabungan dari beberapa program yaitu  apache (web server), mysql  dan phpMyadmin.

3.4.2             FUNGSI XAMMP
Fungsi XAMPP sendiri adalah kita bisa memiliki server  sendiri (localhost), untuk pembuatan website secara offline  tanpa harus membeli domain, karena sudah terdiri atas beberapa program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

3.4.3             CARA MENGINSTAL  XAMMP
XAMPP merupakan sebuah paket instalasi untuk PHP, APACHE dan MySQL. Dengaan menggunakan XAMPP, kita tidak perlu lagi repot menginstall ketiga software itu secara terpisah. Berikut ini adalah cara menginstall XAMPP.
1.             Jalankan file xampp-win32-1.4.12-installer.exe (atau versi lainnya)








2.             Kemudian akan tampil pilihan untuk memilih bahasa ketika proses instalasi berjalan. Silakan pilih  bahasa Indonesian atau English, kecuali anda menguasai bahasa lainnya. Pada contoh ini saya memilih bahasa Indonesian karena saya cinta bahasa Indonesia.
Gambar 3.1 Installer language

3.             Proses instalasi akan dimulai. Klik tombol Maju untuk memulainya.
Gambar 3.2 Setup XAMPP







4.             Akan muncul lisensi software. Silahkan membacanya jika anda mau, tetapi saya lebih suka untuk tidak membacanya karena terlalu banyak. Klik Saya Setuju untuk melanjutkan.
Gambar 3.3 Perihal Lisensi

5.             Selanjutnya silakan anda pilih lokasi install untuk XAMPP. Kemudian klik install
Gambar 3.4 Pilih Lokasi Install

6.             Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
Gambar 3.5 Install


7.             Instalasi selesai
Gambar 3.6 Setup XAMPP

8.             Sampai tahap ini, berarti kita sudah menginstal XAMPP. Itu berarti kita sudah selesai menginstall PHP, APACHE dan MYSQL. Langkah selanjutnya adalah menjalankan servicenya

9.             JalankanXAMPP Control Panel yang ada di desktop. Atau anda juga dapat menjalankan XAMPP Control Panel dari menu Start -> All Programs -> apachefriends -> xampp -> xampp control panel.
Gambar 3.7 XAMPP Control

10.         Nyalakan Apache dan Mysql dengan mengklik tombol Start. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost.


11.         Jika tampilannya seperti di bawah ini, maka apache sudah terinstall dengan benar.
Gambar 3.8 Setup XAMPP

12.        Sekedar informasi saja, document root milik XAMPP terletak pada folder E:\Program Files\apachefriends\xampp\ htdocs. Hal ini disebabkan karena saya menginstall XAMPP pada folder E:\Program Files\apachefriends

3.4.4             Cara Security
Proses Pengerjaan
1.             Nyalakan Apache dan Mysql dengan mengklik tombol Start. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost pada address bar.
Gambar 3.9 Jendela XAMPP



2.             Setelah itu muncul halaman utama  XAMPP terbuka kemudian padasebelah kiri cari dan klik menu security.
Gambar 3.10 Jendela XAMPP

3.             Setelah jendela security terbuka cari
=>http://localhost/security/xamppsecurity.php<= lalu klik link tersebut.
Gambar 3.11 Jendela Security

4.             Masukan password

5.             Jika sudah di isi passwordnya maka klik password changing
Gambar 3.12 Jendela Password Changing
6.             Sekarang proses untuk membuat password pada php myAdmin. Di XAMPP telah selesai sehingga apabila kita ingin masuk pada database kita di haruskan untuk mengisikan password yang telah kita setting tadi
Gambar 3.13 Jendela Password






















BAB IV
PENUTUP

4.1         Kesimpulan
Laporan ini saya buat sebagai uraian kerja selama saya PRAKERIN. Selama menjalani masa PRAKERIN saya mendapat banyak kesimpulan, diantaranya:
1.    Kedisiplinan sangatlah di perlukan dalam dunia kerja nyata
2.    Dalam dunia kerja yang nyata kita di tuntut untuk melakukan yang terbaik agar bisa tetap bertahan di dalamnya.
3.    Dalam dunia kerja kita harus mempunyai etos kerja yang baik.
4.    Kita pun di tuntut mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi.

4.2         Saran
Terdapat saran yang saya sampaikan kepada pihak sekolah dari SMK NEGERI 7 AMBON , yang saya harap bisa dijadikan acuan dalam penyelenggaraan PRAKERIN yang selanjutnya yakni memperluas kerja sama dengan pihak perusahaan sehingga dapat mempermudah penerimaan peserta didik yang ingin melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).








DAFTAR PUSTAKA

Erdiansyah, 2012. Laporan Praktik Kerja Industri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini