LAPORAN PRAKTEK DINAS KOMINFO
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
PADA
KANTOR
KOMUNIKASI
DAN INFORMATIKA
Di
ajukan untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti
Ujian Sidang Prakerin
Oleh :
Nama : Jorge Sambonu
Kelas :
XI TKJ - 2
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK NEGERI 7 AMBON
AMBON
2018
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Oleh:
Nama : Jorge Sambonu
Kelas : XI
(Sebelas)
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ)
Disahkan dan di setujui oleh:
Pembimbing INDUSTRI
|
Kepala Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan
|
Irawaty Said S.Pd
|
J. Lewerissa
|
|
Mengetahui
|
|
|
Kepala Sekolah
|
|
|
Drs. Saiful, MM.Pd.
|
|
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia –
Nya laporan prakerin di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku dapat di
selesaikan dengan baik, yang di mana tugas ini di ajukan untuk
memenuhi salah satu syarat kenaikan kelas.
Dalam penyusunan laporan ini, banyak pihak yang secara langsung ataupun
tidak langsung memberikan bantuannya, oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terimakasih
kepada yang terhormat :
1)
Bapak. Roy Halattu, SE.M.SI
selaku pimpinan Kantor Dinas
Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku;
2)
Bapak. Hasan Malawat,
SH sebagai Kepala Bidang Telematika;
3)
Ibu. Nailah, S.Kom
selaku kepala seksi desiminasi;
4) Bapak. Sterland
Pesulima, S.Kom pembimbing yang telah membantu, mendorong dan memberikan
dukungan penuh dalam pembuatan laporan ini di tengah-tengah kesibukannya;
5)
Kepada semua karyawan Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku yang telah
memberikan bimbingan;
6)
Bapak. Florianus Nong, S.Kom selaku Kepala Sekolah SMKS Jaya
Negara Ambon yang telah memberikan izin penulis untuk prakerin di DU/DI;
7)
Bapak. Robertho Wakanno, S.Pi selaku ketua program, dan memberikan
motivasi kepada penulis dalam melaksanakan prakerin;
8)
Bapak Andry Marcelinus Fun, selaku Ketua PRAKERIN,
9)
Ibu. Irawaty Said,
S.Pd pembimbing yang telah membantu, mendorong dan memberikan dukungan
penuh dalam pembuatan laporan ini di tengah-tengah kesibukannya;
10)
Seluruh tenaga pendidik dan kependidikan SMKS Jaya Negara
Ambon
11)
Keluarga tercinta (Ayah, Ibu, Kakak) yang telah memberikan dorongan,
semangat, dan motivasi kepada penulis agar bersemangat dalam pembelajaran, proses prakerin dan membuat laporan ini
12)
Sahabat – sahabat tercinta dan semua teman - teman yang
telah banyak membantu penulis dan memberikan dorongan untuk segera
menyelesaikan laporan ini
Penulis menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna, baik
di lihat dari isi, bahasa, juga penulisannya. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran yang membangun
untuk mencapai kesempurnaan laporan ini demi lebih baik nyakarya - karya penulis di masa mendatang,
Akhirnya
penulis
berharap semoga laporan
ini dapat bermanfaat bagi penulis
khususnya dan para pembaca pada umumnya.
Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Amin.
Ambon,17 Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL ........................................................................................ i
LEMBAR
PENGESAHAN............................................................................... ii
KATA
PENGANTAR ...................................................................................... iv
DAFTAR
ISI ..................................................................................................... vi
DAFTAR
GAMBAR ........................................................................................ vii
BAB
1 PENDAHULUAN ................................................................................ 1
1.1 Latar
Belakang PRAKERIN .......................................................... 2
1.2 Tujuan
PRAKERIN ........................................................................ 2
1.3 Waktu
dan Tempat PRAKERIN ....................................................
BAB
II INFORMASI DU/DI............................................................................ 3
2.1 Sejarah
KOMINFO......................................................................... 3
2.2 Visi
dan Misi.................................................................................... 4
2.3 Struktur
Lembaga............................................................................ 5
2.4 Tugas
Dan Fungsi............................................................................ 6
2.5 Bidang
Pekerjaan Industri............................................................... 7
BAB
III PEMBAHASAN................................................................................. 8
3.1 Pelaksanaan
Kegiatan PRAKERIN................................................. 9
3.2 Hambatan-Hambatan
Dalam Kegiatan PRAKERIN Yang Dilaksanakan 9
3.3 Pembinaan
Oleh Pihak PRAKERIN Kepada Siswa Prakerin ........ 9
3.4 Materi
Yang Didapat Selama PRAKERIN .................................... 10
3.4.1 Pengertian
XAMPP................................................................ 10
3.4.2 Fungsi
XAMPP...................................................................... 10
3.4.3 Cara
Menginstal XAMPP....................................................... 10
3.4.4 Cara
SECURITY.................................................................... 14
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
..................................................................................... 17
4.2 Saran
............................................................................................... 17
Daftar
Pustaka
Lampiran
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Struktur
Organisasi...................................................................... 5
Gambar 3.1 Installer
Language....................................................................... 11
Gambar 3.2 Setup
XAMPP............................................................................ 11
Gambar 3.3 Perihal Listensi............................................................................ 12
Gambar 3.4 Pilih Lokasi Install ...................................................................... 12
Gambar 3.5 Instal ........................................................................................... 12
Gambar 3.6 Setup
XAMPP............................................................................ 13
Gambar 3.7 XAMPP Control ........................................................................ 13
Gambar 3.8 Setup XAMPP............................................................................ 14
Gambar 3.9 Jendela XAMPP.......................................................................... 14
Gambar 3.10 Jendela XAMPP.......................................................................... 15
Gambar 3.11 Jendela Security.......................................................................... 15
Gambar 3.12 Jendela Password
Changing ....................................................... 15
Gambar 3.13 Jendela Password ....................................................................... 16
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Praktek Kerja Industri atau PRAKERIN merupakan suatu
kegiatan kerja yang dilakukan di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) dalam
upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu Peserta Didik Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna
memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya
seperti di masa sekarang ini.
Adapun sejak melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda
selama 3 (tiga) bulan mulai tanggal 16 Januari s/d 31 Maret 2017 di Kantor Dinas
Komunikasi Dan Informatika Provinsi Maluku sangat membantu Peserta Didik dalam
menambah pengetahuan ketenagakerjaan dan wawasan dunia kerja dalam kegiatan
PRAKERIN. Banyak tujuan lain melaksanakan kegiatan PRAKERIN ini antara lain,
seperti:
1.
Membentuk mental Peserta Didik agar
mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
2.
Menambah pengetahuan Peserta Didik
di masing - masing bidangnya.
3.
Memberikan suatu motivasi dalam diri
Peserta Didik agar menunjukan dirinya
mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
4.
Memberikan bekal serta gambaran pada
Peserta Didik seperti apakah bekerja itu.
5.
Memberikan suatu wawasan tambahan
pada Peserta Didik tentang sesuatu belum
di dapatkan di sekolah.
Selain itu membentuk
mental dan motivasi Peserta Didik SMK sebagai tenaga kerja yang siap kerja
serta mampu mandiri serta berjiwa pekerja keras, jujur, bertanggung jawab serta ulet dalam bekerja.
1.2
Tujuan
PRAKERIN
Secara umum tujuan dari
PRAKERIN adalah agar Peserta Didik dapat menerapkan, membandingkan antara pengetahuan
teori maupun praktik yang di dapat selama di sekolah dengan pekerjaan
sebenarnya yang ada di lingkungan DU/DI. Selain itu, dari kegiatan PRAKERIN
dapat membekali Peserta Didik untuk lebih meningkatkan pengalaman dan
pengetahuan ketrampilannya secara profesional sesuai dengan tuntutan dunia
kerja dan perkembangan teknologi yang berkembang di masyarakat.
Kegiatan PRAKERIN dapat
menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan, melatih ketrampilan yang
di miliki Peserta Didik sehingga akan berkerja dengan baik, dapat melahirkan
sikap tanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat
bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
1.3
Waktu
dan Tempat PRAKERIN
Waktu Pelaksanaan PRAKERIN
16
Januari s/d 31 Maret 2017
Tempat Pelaksanaan PRAKERIN
DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
PROVINSI MALUKU
BAB II
INFORMASI DU/DI
2.1
Sejarah KOMINFO
Nama Industri : KANTOR DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
PROVINSI MALUKU. Organisasi ini diawali dengan peranan
departemen penerangan dalam pelayanan informasi kepada masyarakat sejak zaman
Hindia Belanda. Kegiatan ini nyata sejak lahirnya pergerakan Nasional dalam
yang diawali dengan berdirinya Boedi Uetomo pada tanggal 2 Mei 1908 yang dapat
di pandang sebagai titik tolak lahirnya kebangkitan Nasional. Selanjutnya
dengan hadirnya penduduk Jepang setelah berakhirnya pemberontakan dari Hindia
Belanda. Penerangan yang termaksud persada di bawah pengawasan pemerintah
Jepang dan di pergunakan sebagai alat propaganda perang Jepang melawan Sekutu.
Peralihan demi
peralihan terus terjadi, proses transmisi dan pembubaran departemen penerangan
yaitu pada saat mantan presiden Soeharto di gantikan oleh presiden B.J. Habibi
dan menjadi Kementrian Negara Informasi Komunikasi sejalan dengan penerapan UU
No. 22 Tahun 1999.
Sebagai
implementasi dari UU No.32 Tahun 2004
dan Peraturan Daerah (Perda) No.03 Tahun 2007, tentang pembentukan
informasi dan komunikasi sejalan dengan kata kerja dinas – Dinas Daerah
Provinsi Maluku, maka tugas wewenang dan tanggung jawab di KOMINFO mengalami
perubahan dan isentralistik baik dari tataran Pemerintah Pusat Provinsi maupun
Kabupaten/Kota.
2.2
Visi
dan Misi
Visi
Terwujudnya masyarakat
yang sadar informasi dan berpatisipasi dalam pembangunan daerah.
Misi
Untuk terwujudnya visi teersebut di lakukan melalui
:
1.
Membimbing
pendapat umum yang mencerminkan keseimbangan dan kesetaraan antara kepentingan
pemerintah dan kepentingan masyarakat.
2.
Membangun
kembali kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.
3.
Mengsosialisasikan
kebijakan pemerintah daerah dan menyerap serta menyalurkan ispirasi yang
berkembang dalam masyarakat sebagai bahan penentu.
4.
Melaksanakan
bemberdayaan informasi dan komunikasi melalui pendekatan mulitimedia/media
baru.
5.
Meningkatkan
kualitas sumber daya manusia dan optimilisasi sarana dan prasarana informasi
dan komunikasi.
6.
Mendorong
peran media masa dalam menciptakan masyarakat informasi yang demokrasi,
menjunjung tinggi HAM, etika dan moral serta menjamin terpenuhi rasa
keadilan, rasa kemauan dan termasuk
hukum.
2.3
Struktur
Lembaga
DINAS
KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
|
KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL
|
SEKERTARIAT DINAS
|
SUB BAGIANUMUM DANKEPEGAWAIAN
|
SUBBAGIAN PERENCANAAN DAN PELAPORAN
|
SUBBAGIAN KEUANGAN DAN ASET
|
BIDANG LAYANAN
KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
|
BIDANG
KEAMANAN INFORMASI DAN PERSANDIAAN
|
SEKSI PENGELOLAAN SUMBER DAYA DAN LAYANAN PUBLIK
Penguatan
kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi
Layanan nama
domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik dan kegiatan provinsi
Pengembangan
sumber daya TIK masyarakat
|
SEKSI KEAMANAN INFORMASI
Layanan keamanan informasi e-goverment
Pengelolaan security operating center (SOC) dalam rangka pengaman
informasi dan komunikasi
|
SEKSI TATA KELOLA PERSANDIAN
Pengelolaan
informasi berklasifikasi melalui pengklasifikasiaan informasi milik
pemerintahan daerah
Pengelolaan
sumber daya persandiaan yang meliputi sumber daya manusia sandi, perankat
lunak persandiaan, dan jaringan komunikasi
|
SEKSI MEDIA PUBLIK DAN LAYANAN SISTEM KOMUNIKASI
& INFORMASI
Pelayanan
komuniksi dan informasi publik
Layanan
kehumasan
|
BIDANGAPLIKASI INFORMATIKA
|
BIDANG PENGELOLAAN
INFORMASI DAN PUBLIK
|
PENGELOLAAN
KOMUNIKASI PUBLIK, INFORMASI PUBLIK DAN STATISTIK
PENGELOLAAN INFORMASI, OPINI DAN
ASPIRAsSI
PUBLIK
PENGELOLAAN INFORMASI DAN
KOMUNIKASI PUBLIK
PENGELOLAAN DATA STATISTIK SEKTORAL
|
SEKSI INFRASTUKTUR & TEKNOLOGI
E-GOVERMENT
LAYANAN INFRAKSTRUKTUR DASAR DATA
DAN CENTER, DISASTER RECOVERY CENTER & TIK PEMERINTAH PROVINSI
LAYANAN AKSES INTERNET DAN INTRANET
|
SEKSI PENGEMBANGAN APLIKASI DAN TATA KELOLA E-GOVERMENT
Layanan
pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik & suplemen
yang terintegrasi
Penyelenggaraan
goverment chief information officer (GCIO) Pemerintah
Pengembangan
Sumber Daya TIK pemerintah Provinsi
|
SEKSI KEMITRAAN INFORMASI DAN
KOMUNIKASI PUBLIK
PENYEDIAAN KONTEN
LINTAS SEKTORAL DAN PENGELOLAAN MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK
|
UPTD
|
Gambar
2.1
Stuktur Organisasi
2.4
Tugas
dan Fungsi
Dalam peraturan Gubernur ini yang di
maksud dengan:
1.
Pemerintah Daerah
adalah Gubernur dan perangkat daerah Provinsi Maluku sebagai unsur penyelengara pemerintahan daerah .
2.
Gubernur adalah Gubernur Provinsi
Maluku.
3.
Daerah adalah Daerah
Provinsi Maluku.
4.
Sekretaris adalah
Sekretaris Daerah Provinsi Maluku.
5.
Perangkat Daerah adalah
Perangkat Daerah Provinsi Maluku.
6.
Dinas adalah Dinas
Informasi dan Komunikasi Provinsi Maluku.
7.
Kepala Dinas adalah
Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi Maluku.
8.
Sekretaris Dinas adalah
Sekretaris Dinas Informasi dan Komunikasi Provinsi Maluku
9.
Uraian tugas adalah
suatu paparan atau bantangan atas semua tugas dan jabatan yang merupakan tugas
pokok yang di lakukan oleh pemegang jabatan dalam memproses bahan kerja menjadi
hasil kerja dalam kondisi tertentu.
10. Jabatan
struktural adalah suatu kedudukan yang menunjukan tugas, tanggung jawab,
wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam rangka memimpin suatu
satuan organisasi Negaera
11. Jabatan
fungsional adalah kedudukan yang menunjukan tugas, tanggung jawab, wewenang dan
hak seseorang pegawai Negeri sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam
pelaksanaan tugasnya di dasarkan pada keahlian dan / atau ketrampilan tertentu
serta bersifat mandiri
BIDANG APLIKASI DAN
INFORMATIKA
Bidang Telematika mempunyai tugas
melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang kajian, pengembangan dan
pengendalian telematika serta aplikasi telematika. Dalam melaksanakan tugas
sebagaimana dimaksud, Bidang Telematika mempunyai fungsi :
a.
perumusan rencana kerja
di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian telematika serta aplikasi
telematika
b.
perumusan kebijakan
teknis penyelenggaraan di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian
telematika serta aplikasi telematika
c.
pelaksanaan koordinasi,
fasilitasi dan pembinaan tugas di bidang kajian, pengembangan dan pengendalian
telematika serta aplikasi telematika
d.
pelaksanaan pengawasan,
pengendalian, evaluasi dan pelaporan tugas di bidang kajian, pengembangan dan
pengendalian telematika serta aplikasi telematika
e.
pelaksanaan tugas dinas
lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya
2.5
Bidang
Pekerjaan Industri
DINAS KOMUNIKASI DAN
INFORMATIKA PROVINSI MALUKU merupakan dinas dengan fungsi utama sebagai wadah serta sarana prasarana
dalam bidang informasi dan komunikasi guna dan prasarana yang di maksud
merupakan sub - sub bidang atau seksi yang ada pada bidang APTIKA
Kondisi Fisik
1.
Ruang Industri
A.
Ruang
server
B.
Ruang
rapat
C.
Ruang
pelayanan
D.
M-CAP
2.
Perlengkapan Alat Industri
A.
Komputer
B.
AC
C.
Alat
tulis
D.
Perlengkapan
kantor (listrik)
E.
Ruang
aula
3.
Ketersediaan Fasilitas Lain
A.
Media
center
B.
Sandi
C.
Ratelda
D.
V-con
E.
Touchscreen
F.
E
- ws
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Pelaksanaan Kegiatan PRAKERIN
Selama PRAKERIN di Kantor Dinas KOMINFO ini, banyak
kegiatan yang dilakukan, salah satunya harus mengikuti kegiatan apel pagi
setiap hari Senin dan hari Jumat. Apel pagi dilaksanakan pada pukul 08:00 WIT sampai
dengan selesai. Jam kerja yang ditetapkan di instansi ini mengharuskan memulai
jam kerja pukul 08:00 WIT setelah pukul
13:00 WIT diperbolehkan untuk pulang.
Ada juga kegiatan
yang lain misalnya seperti kerja bakti, senam pagi, dan
kegiatan ibadah dan dakwah yang di laksanakan setiap hari Jumat .
3.2
Hambatan-hambatan dalam Kegiatan PRAKERIN yang Dilaksanakan
Ada beberapa hambatan -
hambatan yang ditemukan penulis selama mengikuti
kegiatan prakerin, hambatan ini ada dari diri sendiri.
Hambatan-hambatan tersebut diantaranya
:
1.
Adaptasi
dengan lingkungan kerja
2.
Mengerjakan pekerjaan yang tidak dipelajari di sekolah
3.3
Pembinaan oleh Pihak PRAKERIN Kepada
Peserta Didik PRAKERIN
Pembinaan yang diberikan kepada peserta
didik sebelum mengikuti kegiatan PRAKERIN diantaranya :
1.
Dikenalkan
kepada pegawai di tempat dan lingkungan PRAKERIN
Pengenalan lingkungan kerja industri
2.
Dijelaskan aturan-aturan bekerja yaitu harus disiplin, hati-hati dalam bekerja, diusahakan cepat dan
bertanggung jawab
3.
Diperhatikan
dalam bekerja karena dengan tujuan untuk menilai perkembangan kerja
4.
Diberi pengarahan
harus sabar dan dan rajin dalam bekerja
3.4
Materi Yang Didapat
Selama Prakerin
Materi yang saya dapat selama PRAKERIN di tempat DU/DI salah satunya adalah : APLIKASI XAMMP
3.4.1
Pengertian Xampp
XAMPP
adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi dan
merupakan gabungan dari beberapa program yaitu apache (web server), mysql dan phpMyadmin.
3.4.2
FUNGSI XAMMP
Fungsi XAMPP sendiri
adalah kita bisa memiliki server
sendiri (localhost), untuk pembuatan website secara offline tanpa harus membeli domain, karena sudah
terdiri atas beberapa program Apache HTTP Server, MySQL database,
dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan
Perl.
3.4.3
CARA MENGINSTAL XAMMP
XAMPP merupakan sebuah paket
instalasi untuk PHP,
APACHE
dan MySQL.
Dengaan menggunakan XAMPP, kita tidak perlu lagi repot menginstall ketiga software
itu secara terpisah. Berikut ini adalah cara menginstall XAMPP.
1.
Jalankan file xampp-win32-1.4.12-installer.exe
(atau versi lainnya)
2.
Kemudian akan tampil pilihan untuk
memilih bahasa ketika proses instalasi berjalan. Silakan pilih bahasa Indonesian
atau English, kecuali anda menguasai bahasa lainnya. Pada
contoh ini saya memilih bahasa Indonesian karena saya cinta bahasa Indonesia.
Gambar
3.1 Installer language
3.
Proses instalasi akan dimulai. Klik
tombol Maju untuk memulainya.
Gambar
3.2 Setup XAMPP
4.
Akan muncul lisensi software. Silahkan
membacanya jika anda mau, tetapi saya lebih suka untuk tidak membacanya karena
terlalu banyak. Klik Saya Setuju untuk melanjutkan.
Gambar
3.3 Perihal Lisensi
5.
Selanjutnya silakan anda pilih lokasi
install untuk XAMPP. Kemudian klik install
Gambar 3.4 Pilih Lokasi Install
6.
Tunggu beberapa saat sampai proses
instalasi selesai.
Gambar
3.5 Install
7.
Instalasi selesai
Gambar 3.6
Setup XAMPP
8.
Sampai tahap ini, berarti kita sudah
menginstal XAMPP. Itu berarti kita sudah selesai menginstall PHP, APACHE
dan MYSQL. Langkah selanjutnya adalah menjalankan servicenya
9.
JalankanXAMPP Control Panel
yang ada di desktop. Atau anda juga dapat menjalankan XAMPP
Control Panel dari menu Start -> All Programs ->
apachefriends -> xampp -> xampp control panel.
Gambar 3.7 XAMPP Control
10.
Nyalakan Apache dan Mysql dengan
mengklik tombol Start. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost.
11.
Jika tampilannya seperti di bawah ini,
maka apache sudah terinstall dengan benar.
Gambar
3.8 Setup XAMPP
12.
Sekedar informasi saja, document
root milik XAMPP terletak pada folder E:\Program
Files\apachefriends\xampp\ htdocs. Hal ini disebabkan karena saya menginstall
XAMPP pada folder E:\Program Files\apachefriends
3.4.4
Cara
Security
Proses Pengerjaan
1.
Nyalakan Apache dan
Mysql dengan mengklik tombol Start. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost
pada address bar.
Gambar
3.9 Jendela XAMPP
2.
Setelah itu muncul
halaman utama XAMPP terbuka kemudian
padasebelah kiri cari dan klik menu security.
Gambar
3.10 Jendela XAMPP
3.
Setelah jendela security terbuka cari
=>http://localhost/security/xamppsecurity.php<=
lalu klik link tersebut.
Gambar
3.11 Jendela Security
4.
Masukan password
5.
Jika sudah di isi passwordnya maka klik password
changing
Gambar
3.12 Jendela
Password Changing
6.
Sekarang proses untuk membuat password pada php
myAdmin. Di XAMPP
telah selesai sehingga apabila kita ingin masuk pada database kita di haruskan
untuk mengisikan password yang telah kita setting tadi
Gambar
3.13 Jendela Password
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Laporan ini saya buat sebagai uraian kerja selama saya PRAKERIN. Selama
menjalani masa PRAKERIN saya mendapat
banyak kesimpulan, diantaranya:
1.
Kedisiplinan sangatlah di perlukan
dalam dunia kerja nyata
2.
Dalam dunia kerja yang nyata kita di
tuntut untuk melakukan yang terbaik agar bisa tetap bertahan di dalamnya.
3.
Dalam dunia kerja kita harus
mempunyai etos kerja yang baik.
4.
Kita pun di tuntut mempunyai rasa
tanggung jawab yang tinggi.
4.2
Saran
Terdapat saran yang saya sampaikan kepada pihak sekolah dari SMK NEGERI 7 AMBON , yang saya harap bisa
dijadikan acuan dalam penyelenggaraan PRAKERIN yang selanjutnya yakni memperluas kerja sama dengan pihak perusahaan sehingga
dapat mempermudah penerimaan peserta didik yang ingin melaksanakan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN).
DAFTAR
PUSTAKA
Erdiansyah, 2012. Laporan
Praktik Kerja Industri.
Komentar
Posting Komentar